RESUME Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0


 PENGGUNAAN AI YANG ETIS

Etika AI dapat dipahami sebagai seperangkat panduan, nilai, dan aturan tidak tertulis yang dapat menjadi pegangan dalam pengembangan dan output dari teknologi AI itu sendiri. Nilai-nilai yang secara mendasar menjadi acuan evaluasi, apakah pengembangan dan pemanfaatan AI berada di arah yang benar atau salah.

Manusia sebagai makhluk hidup jelas memiliki banyak kekurangan alami. Keberadaan teknologi kemudian dimaksudkan agar banyak hal dapat dipermudah, sehingga output dari kerja manusia dapat menjadi semakin optimal.

Namun ketika teknologi yang digunakan sudah melebihi kapasitas manusia untuk mengendalikannya, maka evaluasi harus dilakukan. AI akan selalu menggunakan big data sebagai tempat ‘hidup’ dan ‘belajar’. Maka secara etis, manusia harus tetap dapat memegang kontrol pada aktivitas ini agar teknologi yang dapat berkembang dengan sendirinya ini tetap dapat dikendalikan.


MANFAAT DARI PENERAPAN ETIKA DALAM AI


Secara umum, manfaat yang diperoleh dari penerapan etika-etika ini, baik dalam eksperimen atau dalam penerapannya secara praktis sebagai solusi, adalah sebagai berikut.

  • Senantiasa memegang kontrol akan perkembangan dan aktivitas AI yang ada
  • Memperoleh teknologi AI yang sepenuhnya berorientasi pada penyelesaian masalah, dan bukan menambah masalah baru
  • Memudahkan banyak pekerjaan manusia dengan berbagai sistem yang didukung dengan AI
  • Pengembangan dan penerapan AI dapat selalu dipertanggungjawabkan sesuai dengan hukum yang berlaku
  • Tersedianya regulasi yang ketat agar AI tidak disalahgunakan untuk kepentingan sepihak yang semata menimbulkan kerugian untuk orang lain


Postingan populer dari blog ini

RESUME Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik

RESUME ALUR PENGGUNAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN

RESUME PROSES PELAYANAN KESEHATAN